Selasa, 03 Agustus 2010

Tips Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer.

     Menatap layar monitor lebih adri dua jam sehari tanpa istirahat berpotensi memunculkan Computer Vision Syndrome (CVS). Jadi berapa lama anda berhadapan dengan layar komputer setiap harinya???
     Para pakar ahli kesehatan mata juga menjelaskan kalau, CSV bisa akibat dari penggunaan perangkat genggam seperti iPhone atau iPod dan lain-lain secara berlebihan. Gejala paling umum adalah mata terasa perih, kering atau iritasi mata, kelelahan, dan sakit kepala.
     Untuk mengurangi dan mencegah kelelahan mata akibat alat-alat teknologi, ada beberapa tips yang bisa dipakai;
  • Berkedip lebih sering. Ketika melihat layar komputer atau perangkat digital,  mata seringkali berkedip dua-tiga kali lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini dapat megakibatkan "mata kering". Jadi berkedip lebih sering membuat air mata membasahi seluruh indra penglihatan. Secara alami airmata merupakan obat mata.
  • Aturan 20/20/20. Apabila pekerjaan anda menghabiskan waktu lama di depan sebuah perangkat digital gunakan teknik 20/20/20. Artinya adalah setiap 20 menit, luangakan waktu 20 detik untuk melihat sesuatu yanng berjarak 20 meter dari tempat duduk. Aktivitas tersebut akan memungkinkan mata untuk beristirahat.
  • Pastikan cukup pencahayaan. Untuk membantu meringankan beban mata, jaga agar cahaya mengarah langsung kebenda atau sesuatu yang anda baca, bukan mata. Atur posisi layar komputer dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala.
  • Lokasi layar komputer. Letakkan layar komputer 15-20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci) diukur dari pusat layar dan sekitar 20-28 inci dari mata.

Tidak ada komentar: